Rabu, 17 Juni 2009

taksanomi blooom

DOMAIN PENDIDIKAN MENURUT “BENJAMIN BLOOM”

Domain bisa disebut juga dengan kawasan, dalam hal ini domain pendidikan bisa juga diartikan dengan kawasan atau wilayah ataupun juga cakupan tentang pendidikan. Untuk keperluan studi mengenai perilaku perlu adanya sebuah sistematika pengelompokan atau pembagian berdasarkan kerangka berfikir (taksonomi). Dalam konteks pendidikan, Benjamin Bloom menjelaskan tiga domain atau kawasan tentang perilaku individu serta sub domain dari masing-masing domain tersebut. Adapun domain tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kawasan Kognitif

Adalah kawasan yang berkaitan dengan aspek-aspek intelektual atau secara logis yang bias diukur dengan pikiran atau nalar. Kawasan ini tediri dari:

  1. Pengetahuan (Knowledge).

Pengetahuan ini merupakan aspek kognitif yang paling rendah tetapi paling mendasar dalam dunia kependidikan. Dengan pengetahuan ini individu dapat mengenal dan mengingat kembali suatu objek, hasil pikiran, prosedur, konsep, definisi, teori, atau bahkan sebuah kesimpulan.

Pengetahuan ini juga digolongkan menjadi:

a) Mengetahui secara khusus:

(1) Mengetahui terminologi yaitu berhubungan dengan mengenal atau mengingat kembali istilah atau konsep tertentu yang dinyatakan dalam bentuk simbol, baik berbentuk verbal maupun non verbal.

(2) Mengetahui fakta tertentu misalnya mengingat kembali tanggal, peristiwa, orang tempat, sumber informasi, kejadian masa lalu, kebudayaan masyarakat tertentu, dan ciri-ciri yang tampak dari keadaan alam tertentu.

b) Mengetahui tentang cara melakukan sesuatu/proses:

(1) Mengetahui kebiasaan atau cara menyampaikan ide atau pengalaman.

(2) Mengetahui urutan dan kecenderungan yaitu proses, arah dan gerakan suatu gejala atau fenomena pada waktu yang berkaitan.

(3) Mengetahui penggolongan atau pengkategorisasian, misalnya mengetahui kelas, kelompok, perangkat atau susunan yang digunakan di dalam bidang tertentu, atau memproses sesuatu.

(4) Mengetahui kriteria yang digunakan untuk mengidentifikasi fakta, prinsip, pendapat atau perlakuan.

(5) Mengetahui metodologi, yaitu perangkat cara yang digunakan untuk mencari, menemukan atau menyelesaikan masalah.

(6) Mengetahui hal-hal yang universal dan abstrak dalam bidang tertentu, yaitu ide, bagan dan pola yang digunakan untuk mengorganisasi suatu fenomena atau pikiran.

(7) Mengetahui prinsip dan generalisasi.

(8) Mengetahui teori dan struktur.

2. Pemahaman (Comprehension).

Pemahaman/mengerti merupakan kegiatan mental intelektual yang mengorganisasikan materi yang telah diketahui. Temuan-temuan yang didapat dari mengetahui seperti definisi, informasi, peristiwa, fakta disusun kembali dalam struktur kognitif yang ada. Temuan-temuan ini diakomodasikan dan kemudian berasimilasi/bergabung dengan struktur kognitif yang ada, sehingga membentuk struktur kognitif baru. Dalam tahap pemahaman ini memiliki beberapa tingkatan yaitu:

a) Translasi yaitu mengubah simbol tertentu menjadi simbol lain tanpa perubahan makna. Misalkan simbol dalam bentuk kata-kata diubah menjadi gambar, bagan atau grafik.

b) Interpretasi yaitu menjelaskan makna yang terdapat dalam simbol, baik dalam bentuk simbol verbal maupun non verbal. Seseorang dikatakan telah dapat menginterpretasikan suatu konsep atau prinsip tertentu jika dia telah mampu membedakan, memperbandingkan atau mempertentangkannya dengan sesuatu yang lain. Contoh sesesorang dapat dikatakan telah mengerti konsep tentang “motivasi kerja” dan dia telah dapat membedakannya dengan konsep tentang ”motivasi belajar”.

c) Ekstrapolasi yaitu melihat kecenderungan, arah atau kelanjutan dari suatu temuan. Misalnya siswa dihadapkan rangkaian bilangan 2, 3, 5, 7, 11, dengan kemapuan ekstrapolasinya tentu dia akan mengatakan bilangan ke-6 adalah 13 dan ke-7 adalah 19. Untuk bisa seperti itu, terlebih dahulu dicari prinsip apa yang bekerja diantara kelima bilangan itu. Jika ditemukan bahwa kelima bilangan tersebut adalah urutan bilangan prima, maka kelanjutannnya dapat dinyatakan berdasarkan prinsip tersebut.

3. Penerapan (Aplication).

Penerapan adalah menggunakan pengetahuan untuk memecahkan masalah atau menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang dikatakan menguasai kemampuan ini jika ia dapat memberi contoh, menggunakan, mengklasifikasikan, memanfaatkan, menyelesaikan dan mengidentifikasi hal-hal yang sama. Contoh, dulu ketika pertama kali diperkenalkan kereta api kepada petani di Amerika, mereka berusaha untuk memberi nama yang cocok untuk alat angkutan tersebut. Satu-satunya alat transportasi yang sudah dikenal pada waktu itu adalah kuda. Bagi mereka, ingat kuda ingat transportasi. Dengan pemahaman demikian, maka mereka memberi nama pada kereta api tersebut dengan iron horse (kuda besi). Hal ini menunjukkan bagaimana mereka menerapkan konsep terhadap sebuah temuan baru.

4. Penguraian (Analysis).

Penguraian adalah menentukan bagian-bagian dari suatu masalah dan menunjukkan hubungan antar bagian tersebut, melihat penyebab-penyebab dari suatu peristiwa atau memberi argumen-argumen yang mendukung suatu pernyataan. Kemampuan analisis menurut Bloom secara rinci dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

a) Menganalisis unsur:

(1) Kemampuan melihat asumsi-asumsi yang tidak dinyatakan secara eksplisit pada suatu pernyataan.

(2) Kemampuan untuk membedakan fakta dengan hipotesa.

(3) Kemampuan untuk membedakan pernyataan faktual dengan pernyataan normatif.

(4) Kemampuan untuk mengidentifikasi motif-motif dan membedakan mekanisme perilaku antara individu dan kelompok.

(5) Kemampuan untuk memisahkan kesimpulan dari pernyataan-pernyataan yang mendukungnya.

b) Menganalisis hubungan:

(1) Kemampuan untuk melihat secara komprehensif interrelasi antar ide dengan ide.

(2) Kemampuan untuk mengenal unsur-unsur khusus yang membenarkan suatu pernyataan.

(3) Kemampuan untuk mengenal fakta atau asumsi yang esensial yang mendasari suatu pendapat atau tesis atau argumen-argumen yang mendukungnya.

(4) Kemampuan untuk memastikan konsistensinya hipotesis dengan informasi atau asumsi yang ada.

(5) Kemampuan untuk menganalisis hubungan di antara pernyataan dan argumen guna membedakan mana pernyataan yang relevan mana yang tidak.

(6) Kemampuan untuk mendeteksi hal-hal yang tidak logis di dalam suatu argumen.

(7) Kemampuan untuk mengenal hubungan kausal dan unsur-unsur yang penting dan yang tidak penting di dalam perhitungan historis.

c) Menganalisis prinsip-prinsip organisasi:

(1) Kemampuan untuk menguraikan antara bahan dan alat.

(2) Kemampuan untuk mengenal bentuk dan pola karya seni dalam rangka memahami maknanya.

(3) Kemampuan untuk mengetahui maksud dari pengarang suatu karya tulis, sudut pandang atau ciri berfikirnya dan perasaan yang dapat diperoleh dalam karyanya.

(4) Kemampuan untuk melihat teknik yang digunakan dalam meyusun suatu materi yang bersifat persuasif seperti advertensi dan propaganda.

5. Memadukan (Synthesis).

Adalah menggabungkan, meramu, atau merangkai beberapa informasi menjadi satu kesimpulan atau menjadi suatu hal yang baru. Ciri dari kemampuan ini adalah kemampuan berfikir induktif. Contoh: memilih nada dan irama dan kemudian manggabungkannya sehingga menjadi gubahan musik yang baru.

6. Penilaian (Evaluation).

Adalah mempertimbangkan, menilai dan mengambil keputusan benar-salah, baik-buruk, atau bermanfaat-tak bermanfaat berdasarkan kriteria tertentu baik kualitatif maupun kuantitatif. Terdapat dua kriteria pembenaran yang digunakan, yaitu :

a) Pembenaran berdasarkan kriteria internal, yang dilakukan dengan memperhatikan konsistensi atau kecermatan susunan secara logis unsur-unsur yang ada di dalam objek yang diamati.

b) Pembenaran berdasarkan kriteria eksternal, yang dilakukan berdasarkan kriteria-kriteria yang bersumber di luar objek yang diamati. Misalnya kesesuaiannya dengan aspirasi umum atau kecocokannya dengan kebutuhan pemakai.

B. Kawasan afektif

Adalah kawasan yang berkaitan dengan aspek-aspek emosional, seperti perasaan, minat, sikap, kepatuhan terhadap moral dan sebagainya. Kawasan ini terdiri dari:

  1. Penerimaan (receiving/attending).

Kawasan penerimaan diperinci ke dalam tiga tahap, yaitu :

a) Kesiapan untuk menerima (awareness), yaitu adanya kesiapan untuk berinteraksi dengan stimulus (fenomena atau objek yang akan dipelajari), yang ditandai dengan kehadiran dan usaha untuk memberi perhatian pada stimulus yang bersangkutan.

b) Kemauan untuk menerima (willingness to receive), yaitu usaha untuk mengalokasikan perhatian pada stimulus yang bersangkutan.

c) Mengkhususkan perhatian (controlled or selected attention). Yang mana dimungkinkan perhatian itu hanya tertuju pada warna, suara atau kata-kata tertentu saja.

2) Sambutan (responding).

Mengadakan aksi terhadap stimulus atau rangsangan, yang meliputi proses sebagai berikut :

a) Kesiapan menanggapi (acquiescene of responding). Contoh : mengajukan pertanyaan, menempelkan gambar dari tokoh yang disenangi pada tembok kamar yang bersangkutan, atau mentaati peraturan lalu lintas.

b) Kemauan menanggapi (willingness to respond), yaitu usaha untuk melihat hal-hal khusus di dalam bagian yang diperhatikan. Misalnya pada desain atau warna saja.

c) Kepuasan menanggapi (satisfaction in response), yaitu adanya aksi atau kegiatan yang berhubungan dengan usaha untuk memuaskan keinginan mengetahui. Contohnya bertanya, membuat coretan atau gambar, memotret dari objek yang menjadi pusat perhatiannya, dan sebagainya.

3) Penilaian (valuing).

Dalam tahap ini sudah mulai muncul proses internalisasi untuk memiliki dan menghayati nilai dari stimulus yang dihadapi. Penilaian terbagi atas empat tahap sebagai berikut :

a) Menerima nilai (acceptance of value), yaitu kelanjutan dari usaha memuaskan diri untuk menanggapi secara lebih intensif.

b) Menyeleksi nilai yang lebih disenangi (preference for a value), yang dinyatakan dalam usaha untuk mencari contoh yang dapat memuaskan perilaku menikmati.

c) Komitmen yaitu kesetujuan terhadap suatu nilai dengan alasan-alasan tertentu yang muncul dari rangkaian pengalaman.

d) Komitmen ini dinyatakan dengan rasa senang, kagum, terpesona. Kagum atas keberanian seseorang, menunjukkan komitmen terhadap nilai keberanian yang dihargainya.

4) Pengorganisasian (organization).

Pada tahap ini yang bersangkutan tidak hanya menginternalisasi satu nilai tertentu seperti pada tahap komitmen, tetapi mulai melihat beberapa nilai yang relevan untuk disusun menjadi satu sistem nilai. Proses ini terjadi dalam dua tahapan, yakni :

a) Konseptualisasi nilai, yaitu keinginan untuk menilai hasil karya orang lain, atau menemukan asumsi-asumsi yang mendasari suatu moral atau kebiasaan.

b) Pengorganisasian sistem nilai, yaitu menyusun perangkat nilai dalam suatu sistem berdasarkan tingkat preferensinya. Dalam sistem nilai ini yang bersangkutan menempatkan nilai yang paling disukai pada tingkat yang amat penting, menyusul kemudian nilai yang dirasakan agak penting, dan seterusnya menurut urutan kepentinga atau kesenangan dari diri yang bersangkutan.

5) Karakterisasi (characterization)

Karakterisasi yaitu kemampuan untuk menghayati atau mempribadikan sistem nilai. Kalau pada tahap pengorganisasian di atas sistem nilai sudah dapat disusun, maka susunan itu belum konsisten di dalam diri yang bersangkutan. Artinya mudah berubah-ubah sesuai situasi yang dihadapi. Pada tahap karakterisasi, sistem itu selalu konsisten. Proses ini terdiri atas dua tahap, yaitu :

a) Generalisasi, yaitu kemampuan untuk melihat suatu masalah dari suatu sudut pandang tertentu.

b) Karakterisasi, yaitu mengembangkan pandangan hidup tertentu yang memberi corak tersendiri pada kepribadian diri yang bersangkutan.

  1. Kawasan Psikomotorik

Adalah kawasan yang berkaitan dengan aspek-aspek keterampilan yang melibatkan fungsi sistem syaraf dan otot (neuronmuscular system) dan fungsi psikis. Kawasan ini terdiri dari:

1. Persepsi (Perception)

Penggunaan alat indera untuk menjadi pegangan dalam membantu gerakan.

2. Kesiapan (Set)

Kesiapan fisik, mental, dan emosional untuk melakukan gerakan. Atau berhubungan dengan kesediaan untuk melatih diri tentang keterampilan tertentu yang dinyatakan dengan usaha untuk melaporkan kehadirannya, mempersiapkan alat, menyesuaikan diri dengan situasi, menjawab pertanyaan

3. Guided Response (Respon Terpimpin)

Tahap awal dalam mempelajari keterampilan yang kompleks, termasuk di dalamnya imitasi dan gerakan coba-coba.

4. Mekanisme (Mechanism)

Membiasakan gerakan-gerakan yang telah dipelajari sehingga tampil dengan meyakinkan dan cakap.

5. Respon Tampak yang Kompleks

Gerakan motoris yang terampil yang di dalamnya terdiri dari pola-pola gerakan yang kompleks.

6. Penyesuaian (Adaptation)

Keterampilan yang sudah berkembang sehingga dapat disesuaikan dalam berbagai situasi.

7. Penciptaan (Origination)

Membuat pola gerakan baru yang disesuaikan dengan situasi atau permasalahan tertentu.

RANAH KOGNITIF BLOOM YANG DIREDUKSI OLEH KRATHWOHL SEBAGAI BERIKUT :

1. Knowledge 2. Comprehension 3. Application 4. Analysis 5. Evaluaion 6. Creativity

Ranah Afektif menurut Krathwohl, yaitu: 1. Receive 2. Respond 3. Value 4. Organization 5. Characteristic

Domain kognitif

Dalam tabel berikut adalah dua dasar dari pengetahuan yang ada taksonomi Bloom. Yang satu di sebelah kiri, berhak Bloom's, didasarkan pada karya asli Benjamin Bloom dan lain-lain karena mereka berusaha pada tahun 1956 untuk menentukan fungsi pemikiran, mengetahui kedatangan, atau pengetahuan. Taxonomy ini adalah lebih dari 50 tahun.

Taksonomi David Krathwohl yang di sebelah kanan adalah adaptasi yang lebih baru dan merupakan pekerjaan redefined Bloom dari salah satu mantan siswa, Lorin Anderson, bekerja sama dengan salah seorang mitra kerja yang asli pada pengetahuan, David Krathwohl. That one is labeled Anderson and Krathwohl. The group redefining Bloom's original concepts, worked from 1995-2000. Yang satu adalah berlabel Anderson dan Krathwohl. Grup Bloom mendefinisikan ulang konsep asli, bekerja 1995-2000.. Grup yang telah dikumpulkan oleh Anderson dan Krathwohl dan termasuk orang-orang dengan keahlian di bidang psikologi kognitif, kurikulum dan pengajaran, pendidikan dan pengujian, pengukuran, dan penilaian.

Karena Anda akan melihat perbedaan utama adalah tidak hanya dalam daftar atau rewordings dari nouns ke verbs, atau nama dalam beberapa komponen, atau bahkan di reposisi dari dua kategori. Perbedaan utama di dalam versi yang lebih bermanfaat dan komprehensif tambahan tentang bagaimana taxonomy intersects dan bertindak atas berbagai jenis dan tingkat pengetahuan - faktual, konseptual, prosedural dan metacognitive.

Taksonomi domain kognitif

Bloom's Taxonomy 1956

Anderson and Krathwohl's Taxonomy 2000

1. Knowledge: Remembering or retrieving previously learned material. 1. Pengetahuan: Remembering atau mengambil bahan belajar sebelumnya.

1. Remembering: Retrieving, recalling, or recognizing knowledge from memory. 1. Remembering: Mengambil, recalling, atau mengakui pengetahuan dari memori. Remembering is when memory is used to produce definitions, facts, or lists, or recite or retrieve material. Mengingat memori adalah ketika digunakan untuk memproduksi definisi, fakta, atau daftar, atau mendeklamasikan atau mengambil bahan.

2. Comprehension: The ability to grasp or construct meaning from material. Examples of verbs that relate to this function are: 2. Komprehensi: Kemampuan untuk membangun pegang atau makna dari materi.

2. Understanding: Constructing meaning from different types of functions be they written or graphic messages activities like i nterpreting, exemplifying, classifying, summarizing, inferring, comparing, and explaining. 2. Memahami: Membangun makna dari berbagai jenis fungsi mereka akan menulis pesan atau grafik kegiatan seperti i nterpreting, exemplifying, mengklasifikasi, rangkuman, inferring, membandingkan, dan penjelasan.

3. Application: The ability to use learned material, or to implement material in new and concrete situations. 3. Aplikasi: Kemampuan untuk menggunakan bahan belajar, atau untuk melaksanakan materi dalam situasi baru dan konkret.

3. Applying: Carrying out or using a procedure through executing, or implementing . Applying related and refers to situations where learned material is used through products like models, presentations, interviews or simulations. 3. Menerapkan: Melakukan atau menggunakan prosedur melalui pelaksana, atau pelaksana. Menerapkan terkait dan mengacu pada situasi dimana bahan belajar yang digunakan adalah melalui produk seperti model, presentasi, wawancara atau simulasi.

4. Analysis: The ability to break down or distinguish the parts of material into its components so that its organizational structure may be better understood. 4. Analisis: Kemampuan untuk merinci atau membedakan bagian-bagian dari materi ke dalam komponen sehingga struktur organisasi yang lebih baik dapat dipahami

4. Analyzing: Breaking material or concepts into parts, determining how the parts relate or interrelate to one another or to an overall structure or purpose. 4. Menganalisis: Breaking materi atau konsep menjadi bagian, menentukan berapa bagian interrelate atau berhubungan satu sama lain atau untuk keseluruhan struktur atau tujuan. Mental actions included in this function are differentiating, organizing, and attributing , as well as being able to distinguish between the components or parts. Tindakan mental termasuk dalam fungsi ini adalah differentiating, mengorganisir, dan attributing, serta dapat membedakan antara komponen atau bagian. When one is analyzing he/she can illustrate this mental function by creating spreadsheets, surveys, charts, or diagrams, or graphic representations. Bila ada yang menganalisis ia dapat menggambarkan fungsi mental dengan menciptakan spreadsheet, survei, grafik atau diagram, atau grafik pernyataan.

5. Synthesis: The ability to put parts together to form a coherent or unique new whole. 5. Sintesis: Kemampuan untuk membuat bagian-bagian bersama-sama untuk membentuk sebuah koheren atau seluruh unik baru.

5. Evaluating: Making judgments based on criteria and standards through checking and critiquing . 5. Mengevaluasi: Membuat Hukum berdasarkan kriteria dan standar melalui pemeriksaan dan critiquing. Critiques, recommendations, and reports are some of the products that can be created to demonstrate the processes of evaluation. Kritik, saran, dan laporan ini adalah beberapa produk yang dapat dibuat untuk menunjukkan proses evaluasi. In the newer taxonomy evaluation comes before creating as it is often a necessary part of the precursory behavior before creating something. Dalam baru datang taxonomy evaluasi sebelum membuat karena sering merupakan bagian penting dari perilaku yang terjadi lebih dahulu sebelum membuat sesuatu.

Ingat ini kini telah diubah dengan tempat terakhir di sisi lain.

6. Evaluation: The ability to judge, check, and even critique the value of material for a given purpose. 6. Evaluasi: Kemampuan untuk menilai, memeriksa, dan bahkan kritik nilai bahan untuk suatu tujuan.

6. Creating: Putting elements together to form a coherent or functional whole; reorganizing elements into a new pattern or structure through generating, planning, or producing . Creating requires users to put parts together in a new way or synthesize parts into something new and different a new form or product. This process is the most difficult mental function in the new taxonomy. 6. Menciptakan: Menempatkan elemen bersama untuk membentuk sebuah koheren atau seluruh fungsional; ulang elemen baru ke dalam struktur melalui pola atau menghasilkan, perencanaan, atau produksi. Menciptakan mengharuskan pengguna untuk menempatkan bagian-bagian bersama-sama dalam cara baru atau mempersatukan bagian menjadi sesuatu yang baru dan berbeda suatu bentuk atau produk baru. Ini adalah proses yang paling sulit dalam fungsi mental yang baru taxonomy.

Ini salah satu yang akan digunakan # 5 di Bloom's dikenal sebagai sintesis.

Table 1.1 Bloom vs. Anderson/Krathwohl Tabel 1.1 Bloom vs Anderson / Krathwohl

2 komentar:

  1. hanyar lah....??????
    kaina kunjungi blog ku jua lah...
    gusliandra.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Sy g komentar tp mo nanya.
    dapat buku Kratwohl dimana ya??
    ada yg versi terjemahan Indonesia g??
    saya sangat butuh banget.
    terima kasih banyak sebelumnya.
    saya mohon balasannya, saya tunggu di email saya: mielda.allya@yahoo.com

    BalasHapus